Mesin Diesel VS Mesin Bensin

Pada posting kali ini kita akan mempelajari tentang Mesin Diesel dan Mesin Bensin. dari topik ini saya kembali teringat waktu masa - masa SD dulu. Dimana Saya pernah Bertengkar dengan teman saya karena permasalahan mesin diesel.lho ko bisa ? ok deh...curhat dulu. pertama kali saya mengetahui mesin diesel yaitu pada saat Hajatan tetangga saya. biasanya menggunakan Generator Diesel. Nah menurut saya diesel itu menggunakan bahan bakar air. karena yang saya sama sekali tidak melihat adanya bensin di stu yang ada cuma Air satu drum..Semantara teman saya berpendapat kalo mesin itu memakia bahan bakar bensin..ya udah deh adu pendapat dan duuuarr.. jadinya berantem. hehehe...ya itulah indahnya masa kecil..
ok deh Arcess kita langsung aja Kembali ke topik..
seperti yang udah arcees ketahui, bahwa mesin pada umum menggunakan 2 macam bahan bakar, yaitu Bensin Dan Solar.secara konstruksi mesin Bensin dan Solar berbeda. biasanya mesin diesel lebih kuat daripada mesin bensin. sehingga mesin diesel banyak di gunakan pada kendaraan- kendaraan besar.
Nah.......sebenarnya Apa sih keunggulan dari kedua mesin tersebut? pilih yang mana, Diesel apa bensin?
ok deh berikut ini kami sajikan perbandingan Antara mesin diesel dan mesin bensin.

  1. Getaran (Kenyamanan pengendara & penumpang)
    Mesin bensin lebih halus dibandingkan mesin diesel. Hal ini disebabkan karena mesin diesel menggunakan mekanisme kompresi tinggi dalam proses pembakarannya (lebih tinggi dibandingkan mesin bensin). Namun secara konstan teknologi mesin diesel semakin canggih dan sanggup membuat mesin diesel modern jauh lebih halus dibandingkan mesin diesel konvensional. Pabrikan mobil mewah seperti BMW sekalipun sudah mengembangkan line-up bermesin diesel.
  2. Performa
    Mesin bensin memiliki Horse Power (Daya Kuda) lebih besar dibandingkan mesin Diesel. Namun mesin Diesel memiliki torsi yang lebih besar terutama pada putaran bawah. Akibatnya pengendara mobil bermesin bensin akan merasakan kelincahan mobilnya. Sedangkan bagi pengendara mobil Diesel akan merasakan manfaatnya ketika harus membawa beban berat atau menempuh medan yang ekstrim.
    Kalau anda pernah bertanya "Kenapa tidak pernah ada truk bermesin bensin?" Kini pertanyaan anda sudah terjawab.
  3. Durability (Ketahanan/keawetan)
    Mesin diesel memang terkenal bandel. Bila dirawat dengan benar mesin diesel bisa bekerja lebih lama daripada mesin bensin. Ini juga menjadi salah satu faktor penentu mengapa mesin-mesin industri rata-rata menggunakan teknologi diesel.
  4. Efisiensi
    Mobil bermesin Diesel dapat dikatakan lebih efisien dari mobil bermesin diesel dengan kapasitas yang sama. Belum lagi bila dihitung perbedaan harga perliter antara bensin (pertamax) dengan solar. Langkah Toyota Indonesia mengeluarkan Kijang Innova versi Diesel (walaupun sedikit lebih mahal) menjadi indikasi strong point teknologi mesin Diesel yang tidak dimiliki mesin Bensin.
  5. Ramah Lingkungan
    Mesin bensin jelas lebih unggul namun kehadiran bio solar mulai mengecilkan perbedaan ini. Tetapi tetap saja mesin bensin lebih unggul terutama dengan adanya Catalytic Converter.
Kesimpulan
Mesin diesel dan mesin bensin memiliki karakter berbeda. Bensin lebih diperuntukan di dalam kota dimana medan sudah tertata rapih dan "nyaman" sedangkan Diesel terlahir untuk bekerja berat dan kurang nyaman. Namun mesin Diesel perlahan tapi pasti mulai memakan porsi keunggulan mesin bensin pada beberapa poin diatas.
Ya itulah mengenai mesin diesel. manakah yang lebih baik? tinggal Arcess yang menilai, karen keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan.
Comments
1 Comments

1 komentar:

Raghu R Naik mengatakan...

Used Caterpillar Diesel Generators and Engines for Sale
Marine and Industrial Generators and Engines available in stock
In excellent working condition
Visit :
http://www.marine-engines.in/search/label/Caterpillar

Other Marine and industrial Diesel Generators also available, visit
http://www.marine-engines.in/search/label/Yanmar

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 ARC All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com Download This Template From Coolbthemes.com..