Tips Perawatan Sepeda Motor di Musim Hujan

Sekarang sudah memasuki Musim penghujan..kayaknya tiada hari tanpa Hujan. tentu saja hal ini mengganggu arcees untuk menyelesaikan kegiatan sehari-hari. apa lagi yang tinggal di jakarta heheheh.. kala musim penghujan pasti banjir, sehingga lalu lintas macet.hingga puluhan kilometer. dan hal yang paling nyebelin di kala motor yang kita kendarai mogok..gkgkgkg tentu saja hal ini membuat kita kesal.
Nah untuk mencegah hal itu terjadi, kali ini kita mau sharing tentang perawatan Sepeda Motor kala musim hujan.
saat musim hujan, sepeda motor perlu mendapakan perawatan super care, agar sepeda motor tidak cepat rusak. ok...deh langsung aja berikut tips perawatan Sepeda Motor di saat Musim hujan :


1. Cuci Motor
Cuci motor kamu setelah selesai di gunakan. Apalagi setelah kehujaanan. hal ini untuk menjaga kebersihan dan mencegah timbulnya karat di body motor. ingat saat mencuci menggunakan air yang bersih..jangan pake air hujan.

2. Ban
Sikat bagian telapak dan dinding samping ban untuk menghilangkan unsur asam air hujan, lumpur, dan kotoran yang menempel di ban. Beberapa kotoran seperti bekas deterjen, oli, minyak tanah, dan bensin mengandung unsur-unsur yang dapat memicu karet ban cepat getas.


3. Rantai
Bagian lain dari motor yang rawan bermasalah setelah dikendarai di tengah guyuran hujan adalah rantai. Air hujan yang bersifat asam dapat memicu terjadinya karat pada bagian. Selain itu, setelah anda melibas lubang yang tertutup genangan air hujan, rantai juga menjadi kendur. Oleh karena itu, kencangkan setelan rantai sesuai dengan standar, kemudian lumasi rantai. Kendurnya rantai juga memicu gigi gear cepat tumpul atau patah. Sebab, ketika pengendara menarik tuas, rantai seolah dihentakkan ke gear.


4. Kanvas rem dan piston
cakram rem Kanvas rem terbuat dari bahan asbes. Bahan tersebut bila banyak terkena air akan menggelembung dan mengeras pada saat kering. Akibatnya, rem terasa keras pada saat pedal rem diinjak atau bahkan muncul suara mendecit atau suara keras lainnya. Oleh karena itu, setelah motor dicuci dan dibersihkan, jalankan motor dan sering-seringlah menginjak pedal rem agar kanvas benar-benar kering. Begitu pun dengan rem cakram di roda depan. Rem cakram bersifat terbuka. Padahal saat dipacu kencang di tengah guyuran hujan, kotoran menempel pada kanvas rem maupun piston. Bila itu terjadi, maka kinerja dua komponen itu tidak akan optimal. Oleh karena itu, sangat disarankan membersihkan keduanya dari kotoran setelah digunakan di tengah guyuran hujan.
Nah cuma itu yagn bisa kami share..mungkin kamu punya tips lain seputar perawatan sepeda motor saat mesin hujan? yuk share..n koment yah...
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 ARC All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com Download This Template From Coolbthemes.com..