Penyebab Knalpot Nembak

waduh lama banget nieh admin ga nongol,hehehe maklum akhir akhir ini lgi sibuk banyak job yang harus dikerjakan. seperti sore tadi ARC berkumpul di bengkel buat syuting persiapan PSB, ternyata mereka yang handal pun dimesin terlihat begitu kaku di depan kamera..hehehehehe : )
maklum baru yang pertama kali, jadi masih grogi.tapi alahamdulillah kegiatan bisa berjalan dengan lancar..

OK kita akan bahas tentang , masalah penyebab knalpot nembak, kadang sepeda motor kita muncul suara duarrrrrrrrrrrrrrr….Wah, kaget juga kan kalau sedang berkendara dengar bunyi begitu? Apalagi jika bunyi itu ternyata muncul dari besutan kesayangan. Pastinya selain kaget, sobat juga bakal bingung. Iya, bingung mencari dari mana asal suara itu! Terlebih sumber suara itu bukan berasal dari ban yang bocor.
Eit, tapi sobat jangan ikutan bingung dulu. Sebab semua sumber bunyi tak nyaman didengar itu bisa dilacak kok. Enggak perlu andalkan Densus 88, tapi cukup cari lewat gejala yang ditimbulkan sebelum atau sesudah ledakan terjadi. YUK kita cek : 

1.CUK ATAU CHOKE
Kondisinya yang terjadi bisa sama layaknya gejala yang ditimbulkan jika ada kerusakan part suplai udara bersih. Ya, setelah berakselerasi dan gas ditutup penuh, maka akan timbul suara ledakan.Kondisi ini, pernah dialami Sobat ARC yang lupa menutup atau menon-aktifkan cuk setelah digunakan untuk menghidupkan motor di pagi hari. Akibatnya karena cuk aktif, pembakaran yang terjadi tidak sempurna. Campuran jadi terlalu kaya bensin.,knapa terjadi sewaktu gas di turunkan, karena pada putaran rpm tinggi waktu pengapian juga tinggi dan campuran bensin dan udara yang kaya pada putaran rpm yang tinggi tidak sempat terbakar didalam ruang bakar.. melainkan terbakar pada ujung kenalpot yang sangat panas.. karena putaran gas yang tiba2 ditutup (yang anda maksud ketika gas turun) sehingga menyebabkan knalpot berbunyi suara ledakan. Jika kondisi ini dibiarkan, tentu akan berakibat juga pada usia busi. Jadi cepat mati karena cenderung basah oleh bensin

2.BUSI
Busi juga bisa menyebabkan suara ledakan tuh! Asal, busi yang dipakai di motor kesayangan sudah mau mati ya. Gejala ini, bisa muncul ketika sobat ingin menghidupkan motor. Ya, baik itu pakai elektrik starter atau engkol. Bukannya mesin hidup setelah pencet tombol starter, eh, malah suara ledakan yang timbul.Biasanya, itu karena elektroda busi sudah terlalu basah atau banyak kerak,
Malah, jika busi terus dipakai, gejala seperti ada kerusakan di part suplai udara bersih juga bisa terjadi. Campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar jadi tak sempurna. Ledakan bisa timbul juga jika pilot-jet karbu kurang besar dari yang dibutuhkan. Gejala timbul ketika berakselerasi.

3. SUPLAI UDARA BERSIH
Jika ada kerusakan di part penyuplai udara bersih ke ruang bakar ini, sobat bisa baca gejalanya. Yaitu, suara tak enak didengar bakal timbul ketika sedang berakselerasi dan tiba-tiba gas ditutup penuh secara spontan. Maka ketika rpm mulai turun, akan timbul ledakan dari knalpot. Part yang di tiap pabrikan motor memiliki nama berbeda ini, memiliki karet dan per di dalamnya.
4. KARBU VAKUM
Motor sekarang ini, tak sedikit yang mengaplikasi karburator model vakum atau beken disebut VC alias Velocity Constanly. Begitunya skep digerakan oleh karet yang mengandalkan kevakuman. Makanya, jangan biarkan karet tersebut aus. Boleh dibilang, karet ini cukup sensitif lho.
Jika karet aus, proses kevakuman jadi tak sempurna. Ini bisa menyebabkan tarikan jadi mbrebet dan parahnya bisa timbulkan suara ledakan jika gas ditutup setelah berakselerasi. Untuk itu, jangan sembarang rawat karet atau samapi terkena bensin langsung.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 ARC All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com Download This Template From Coolbthemes.com..